Manfaat daun kenikir untuk kesehatan

Setiap kali menyantap sayur daun kenikir, pernahkan berpikir apa manfaat daun kenikir? Seringkali kita lupa dengan khasiat sayur yang kita santap karena kita lebih sibuk merasakan nikmatnya rasa sayurannya.

Daun Kenikir biasanya disantap sebagai sayuran Urap-urap, sayuran pelengkap dalam nasi pecel. Rasanya nikmat dengan bau yang khas pula. Sehingga banyak orang yang menggemari sayur daun kenikir. Sebagai sayuran biasanya daun kenikir direbus, dijadikan Urap-urap dicampur dengan kecambah dan bumbu parutan kelapa pedas…wah nikmat sekali rasanya! Bila disajikan sebagai sayuran dalam nasi pecel, cukup disajikan dengan kecambah pula plus sambel pecel yang nikmat….bisa dibayangkan betapa yummy-nya! Cocok dengan lidah mayoritas orang Indonesia.

Cosmos caudatus Kunth. merupakan Nama latin dari daun kenikir. Berdasarkan sumber-sumber data sekunder yang saya baca, Daun kenikir merupakan tanaman perdu yang berdaun majemuk yang bersilangan dan berhadapan. Berbau khas, berbunga majemuk dan berakar tunggang.

Daun Cosmos caudatus mengandung Saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol (Fuzzati et al., 1995). Berkhasiat sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat lambung dan pengusir serangga. Selain itu berdasarkan penelitian rupanya daun kenikir mengandung zat antioksidan yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Mari kita perbanyak mengkonsumsi sayur daun kenikir agar tulang kita tetap kuat, mengurangi resiko kanker, dan menguatkan lambung kita dengan serat-serat dari daun kenikir.

Dan ekstrak minyaknya bisa digunakan untuk mengusir serangan nyamuk.

Iklan Sponsor :

  ©

Sehat Natural Dengan Herbal .Blogspot.Com
- Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Inverter DC ke AC | Topo